selamat

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh,....

Jumat, 29 Agustus 2008

RPP FISIKA KELAS VII SEMESTER II : GERAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (R P P)

SMP/MTs : MTsN Taliwang
Mata Pelajaran : IPA-Fisika
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui mengamati 
Kompetensi Dasar : 5.2 Menganalisa data percobaan gerak lurus benturan dan gerak lurus 
  Serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 
Indikator : 1. Menemukan hubungan antara laju, jarak dan waktu.
  2. Menunjukkan konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satu 
  Satuan waktu.
  4. Menyelidiki GLBB dipercepat beraturan.
  5. Menujukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan demontrasi siswa dapat :
- Mengkomunikasikan arti kelajuan
- Menemukan hubungan antara laju, jarak, dan waktu
- Memberi contoh GLB dalam kehidupan sehari-hari.
- Mendefinisikan konsep percepatan.
- Mengkomunikasikan arti GLBB
- Memberikan contoh benda GLBB dalam kehidupan sehari-hari
B. MATERI PEMBELAJARAN
Benda bergerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
C. METODE PEMBELAJARAN
Motode : Demontrasi/eksperimen
  Diskusi kelompok
Model : Kooperatif learning
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
• Pengenalan alat; nama, bahaya, kegunaan.
• Prasyarat pengetahuan 
Apakah satuan dari kecepatan, waktu dan jarak?
b. Kegiatan Inti
• Pembentukan kelompok diskusi oleh guru
• Salah satu kelompok melakukan demontrasi dengan bimbingan guru
• Setiap kelompok menempatkan data dari demontrasi untuk didiskusikan sesuai petunjuk LKS
• Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
c. Kegiatan Penutup
• Guru dan siswa 
- Menyimpulkan pengertian GLB
- Menyimpulkan hubungan antara V,S dan T
• Guru melakukan tes yang berhubungan yang berhubungan GLB dalam kehidupan sehari-hari.







Pertemuan kedua

a. Kegiatan Pendahuluan
• Motivasi
- Coba anda perhatikan apakah ketukan pada pita yang akan dibahas sama dengan pita yang sudah dibahas. ?
b. Kegiatan inti
• Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi
• Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyimpulkan tentang hasil diskusi
c. Kegiatan penutup
• Guru bertanya pada siswa
- Konsep percepatan
- Pengertian GLBB
- Contoh GLBB dalam kehidupan sehari-hari
E. SUMBER BELAJAR
a. Alat demontrasi/ekperimen
b. Lingkungan
c. Buku referensi
F. PENILAIAN
a. Teknik
Tes Tertulis
tes
b. BentukInstrumen
Pilihan ganda
Isian 
Uraian
c. Soal/Instrumen
i. Sebuah benda bergerak dengan data sebagai berikut
- Lintas sebagai garis lurus
- Jarak yang ditempuh tiap detik tetap
Gerak benda disebut :
a. Gerak lurus
b. Gerak lurus beraturan
c. Gerak lurus tak beraturan
d. Gerak lurus tetap
ii. Hubungan antara jarak (S), kelajuan (V) dan waktu (t) pada GLB yang benar adalah...
1. S = V/t
2. t = V/s
3. S = V.t
4. S.V = t
iii. Pernyataan tentang pengertian PERCEPATAN di bawah ini yang benar adalah....
a. Perubahan percepatan
b. Perubahan arah
c. Perubahan percepatan tiap 1 satuan tahun waktu
d. Perubahan arah tiap 1 satuan waktu
iv. Benda yang bergerak lurus beraturan mempunyai kecepatan ..... dan percepatan .... serta arah lintasan berupa....
v. Berikan contoh benda bergerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 3 ?

  Mengetahui 
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



Drs. M. Nur Yasin Ibnu Dwi K. S.Pd
Nip. 150 223 145 NIP. 132 173 563

Tidak ada komentar: