RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTsN Taliwang
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
- Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
- Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
Alokasi waktu : 2 Jam Pelajaran / 1 kali pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku
2. Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran
B. Materi Pembelajaran: Pengukuran
C. Metode Pembelajaran:
1. Model : - Direct instruction (DI) = instruksi langsung
- Kooperatif learning = belajar kooperatif
2. Metode: - Diskusi kelompok
- Eksperimen
D. Langkah- langkah Kegiatan :
a. Kegiatan pendahuluan
• Motivasi dan apresepsi
- Dasar :(Al-Qur'an Surat Al-Qomar :49 : Allah menciptakan sesuatu itu menurut ukuran).
- Ukurlah panjang dan lebar meja yang kalian gunakan!
• Prasyarat pengetahuan)
- Siswa sudah mengetahui cara menggunakan alat ukur
• Pra Eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang mudah patah dan
- Juga hati-hati menggunakan alat neraca.
b. Kegiatan Inti
• Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
• Secara kelompok peserta didik mendiskusikan cara menggunakan alat ukur yang ada. membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
• Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.
• Peserta didik dalam kelompok melakukan percobaan pengukuran terhadap benda-benda di sekitar kelas.
• Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam LKS
• Guru memantau dan membimbing tiap kelompok dalam melakukan diskusi kelomp dalam membuat kesimpulan dalam kelompoknya masing-masing
• Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas, untuk memberikan kesempat pada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasilnya, kelompok lainnya menanggapi
• Guru memberikan penghargaan kepada kelomopok yang hasilnya paling baik
c. Kegiatan Penutup
• Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar
• Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
• Guru memberikan tugas rumah dengan menyebutkan jenis-jenis alat alat ukur dan kegunaannya.
E. Sumber Belajar
a. Buku Siswa kelas VII
b. LKS
c. Buku Referensi
d. Alat-alat praktikum sesui dengan LKS
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian:
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen:
- Isian dan PG
- Uji petik kerja prossedur dan produk
b. Contoh instrumen:
- Tes tertulis : Ukurlah Panjang dan lebar meja yang kamu gunakan
Tes PG. : Alat yang digunakan untuk mengukur massa benda adalah : a. Mistar c. Jam
b. Neraca d. Termometer Kunci:b
- Uji petik kerja prosedur dan produk
• Lakukan kegiatan pengukuran dari benda-benda yang ada di dalam kelas dengan alat-alat yang disediakan sebagai berikut :
a. Mistar
b. Jangka sorong
c. Neraca
d. Stop Watch.
Rubrik
No. Aspek Skor
1. Menggunakan alat ukur dengan benar 4
2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 2
3. Memperoleh data dari percobaan 2
4. Membuat kesimpulan dengan benar 2
Jumlah skor
10
Mengetahui,
Kepala MTsN Taliwang Guru Mata pelajaran
................................. Ibnu Dwi K. S,Pd
NIP. NIP. 132 173 563
Tidak ada komentar:
Posting Komentar