selamat

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh,....

Kamis, 28 Agustus 2008

RPP SMP/MTS IPA KELAS VII

DOWNLOAD:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : MTsN Taliwang
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)



Standar Kompetensi
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

Indikator 
- Mengindentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
- Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
- Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana

Alokasi waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
  Peserta didik dapat :
1. Menjelaskan pengertian besaran pokok dan besaran turunan
2. Mencari informasi tentang besaran dan satuannya
3. Merumuskan pengertian besaran dan satuan
4. Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional
5. Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi
6. Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan


B. Materi Pembelajaran: Besaran dan Satuan

C. Metode Pembelajaran: 
  1. Model : - Direct instruction (DI) = instruksi langsung
  - Kooperatif learning = belajar kooperatif 
  2. Metode: - Diskusi kelompok
  - Eksperimen  
   
D. Langkah- langkah Kegiatan :

1. Pertemuan Pertama 

a. Kegiatan pendahuluan
• Motivasi dan apresepsi 
- Dasar :(Al-Qur'an Surat Al-Qomar :49 : Allah menciptakan sesuatu itu menurut ukuran).

- Disediakan sebuah model kubus, dan jam kemudian siswa disuruh menyebutkan nama-nama sisi-sisi kubus sekaligus menyebutkan waktu pengamatan. kemuadian guru menanyakan manakah yang disebut panjang? Berapa waktu yang diperlukan untuk pengamatan?

• Prasyarat pengetahuan)
- Ketika membeli kain panjangnya 3 meter, manakah yang disebut besaran?
- Manakah yang disebut nilai?
- Manakah yang disebut satuan?

• Pra Eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang mudah patah dan
- Juga hati-hati menggunakan alat neraca.

b. Kegiatan Inti 
• Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
• Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian besaran dan satuan, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
• Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.
• Peserta didik dalam kelompok melakukan pengamatan terhadap besaran-besaran yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
• Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam LKS
• Guru memantau dan membimbing tiap kelompok dalam melakukan diskusi kelomp dalam membuat kesimpulan dalam kelompoknya masing-masing
• Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas, untuk memberikan kesempatan pada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasilnya, kelompok lainnya menanggapi  
• Guru memberikan penghargaan kepada kelomopok yang hasilnya paling baik

c. Kegiatan Penutup

• Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar
• Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
• Guru memberikan tugas rumah dengan menyebutkan besaran-besaran disika dalam kehidupan sehari-hari.
   
2. Pertemuan kedua

a. Kegiatan Pendahuluan
• Motivasi dan Apresepsi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan, mengapa menggunakan satuan Internasional itu Penting ?
• Prasyarat pengetahuan
- Siswa sudah mengatahui pengertian besaran dan satuan

  b. Kegiatan Inti 
• Melalui diskusi kelas, guru memberikan informasi cara mengkonversi satuan dengan benar.
• Guru mengenalkan dengan tangga konversi.
• Guru membimbing peserta untuk membentuk kelompok dan, kemudian membagikan LKS pada masing-masing kelompok
• Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas menentukan konversi satuan yang sudah dituliskan.
• Guru memberikan latihan soal tentang besaran dan satuan serta konversi satuan dan menyuruh setiap kelompok untuk merepresentasikan hasilnya.

b. Kegiatan Penutup 
• Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman
• Guru memberikan latihan soal-soal tentang besaran dan satuan
• Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku Siswa kelas VII
b. LKS
c. Buku Referensi
d. Alat-alat praktikum sesui dengan LKS

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian:  
- Tes tertulis  
- Tes unjuk kerja

b. Bentuk instrumen:
- Isian dan PG
- Uji petik kerja prossedur dan produk 

c. Contoh instrumen: 
- Tes tertulis : Apakah yang dimaksud besaran ?
• Jawab : Besaran adalah sesuatu yang mempunyai nilai dan satuan.
- Tes PG. : Pasangan besaran fisika yang benar ....
a. massa dan kilogram
b. kecepatan dan kg/jam
c. usaha dan joule sekon
d. gaya dan newton
  Kunci : a.
- Uji petik kerja prosedur dan produk
Diskusikan dengan kelompok dari pernyataan-pernyataan di bawah ini :
1. Kecapatan Mobil 60 km/jam
2. Massa balok 2 kg
3. tinggi meja 50 cm
4. anak mengelilingi lapangan selam 5 menit
Rubrik
  No. Aspek Skor
  1. Mencatat dalam tabel dengan benar 3
  2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 3
  3. Memperoleh data dari percobaan 2
  4. Membuat kesimpulan dengan benar 2
   
Jumlah skor 
  10
  Taliwang,
Mengetahui,  
  Kepala MTsN Taliwang Guru Mata pelajaran 



  Drs. M. Nur Yasin Ibnu Dwi K., S.Pd 
  NIP. 150 223 145 NIP. 132 173 563

2 komentar:

kandagalante mengatakan...

terima kasih atas ilmunya...
http://fusion-kandagalante.blogspot.com

Sutrisno mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb.
Sungguh suatu yang menggembirakan, saya punya saudara se profesi sebagai guru IPA, ingin sekali saya mengajak saudara-saudara guru IPA yang lain untuk bisa bergabung dalam satu wadah di dunia maya ini. Saya percaya saudaraku akan senang bisa bergabung dan ikut terus menulis yang berkaitan dengan kegiatan guru IPA, berdiskusi dalam group guru IPA.
Untuk itulah saya mengajak saudaraku untuk bergabung dengan kami dan mohon mengajak saudara-saudara yang lain juga . Tolong sempatkan membuka web http://guruipa.co.cc , untuk selanjutnya marilah kita sambung tali silaturahmi ini melalui blog atau grup guru ipa tersebut. Sekian terima kasih.
wassalamu'alaikum wr wb
Sutrisno (mas_tris008@yahoo.com)